Bagaimana Cara Mencoblos Yang Benar?

Saatnya Telah Tiba Untuk Diaspora Bersuara

Pemilu Legislatif 2014 sudah tiba. Mulai tanggal 30 Maret 2014, Warga Negara Indonesia yang berdomisili di luar negeri sudah mulai memberikan suara mereka.

Menurut ketentuan Undang-Undang No 8. Tahun 2012, pelaksanaan Pemilu Legislatif di Luar Negeri diadakan lebih awal dari jadwal pemungutan suara di dalam negeri untuk mengakomodasi hari libur yang beragam di berbagai Negara.

Agar suara para pemilih terhitung sah, ada 15 syarat pencoblosan surat suara yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Persyaratan ini ditetapkan agar dapat mengakomodasi suara pemilih dan membantu para petugas penghitungan suara untuk mengerti maksud pilihan pemilih.

Berikut adalah surat suara yang dianggap sah untuk Pemilu 2014.

1. Mencoblos di nomor urut, tanda gambar dan nama parpol, maka suaranya dihitung satu untuk parpol.

2. Mencoblos di nomor urut dan nama caleg maka suaranya dihitung satu untuk caleg.

3. Mencoblos di nomor urut, tanda gambar dan nama parpol dan mencoblos di kolom nomor urut dan nama caleg, maka suaranya dihitung satu untuk caleg.

4. Mencoblos di nomor urut, tanda gambar dan nama parpol serta lebih dari satu nomor urut pada nama caleg, maka suaranya dihitung satu untuk parpol.

5. Mencoblos di lebih dari satu nomor urut dan nama caleg parpol yang sama, maka suaranya dihitung satu untuk parpol.

6. Mencoblos lebih dari satu nomor urut, tanda gambar dan nama caleg, maka suaranya dihitung satu untuk parpol.

7. Mencoblos lebih dari satu kali pada nomor urut dan nama caleg pada satu parpol, maka suaranya dihitung satu untuk caleg tersebut.

8. Mencoblos di garis di antara kolom yang memuat dua nomor urut dan nama caleg di satu parpol, maka suara dianggap sah untuk satu parpol.

9. Mencoblos di garis yang memuat nomor urut dan nama caleg, maka suara dianggap satu untuk parpol.

10. Mencoblos di garis yang memuat satu nomor urut dan nama caleg, maka suara dianggap satu untuk caleg.

11. Mencoblos di kolom abu-abu di antara nomor urut dan nama caleg pada satu parpol, maka suara dianggap sah satu untuk parpol.

12. Mencoblos di kolom abu-abu di bawah nomor urut dan nama caleg terakhir pada satu parpol, maka suara dihitung satu untuk parpol.

13. Mencoblos di kolom nomor urut dan nama caleg yang sudah didiskualifikasi, maka suara dianggap sah untuk parpol.

14. Mencoblos di kolom nomor urut dan nama caleg yang sudah meninggal dunia, maka suara dihitung satu untuk parpol.

15. Mencoblos di kolom nomor urut, tanda gambar dan nama parpol yang tidak memiliki daftar caleg, maka suara dianggap sah satu untuk parpol.

 

Berikut adalah jadwal penyelenggaran Pemilu 2014 di berbagai Negara.

Minggu, 30 Maret 2014

Brazil, Hongkong, Kopenhagen, Santiago, dan Shanghai

Kamis, 3April 2014

Damascus, Havana

Jumat, 4 April 2014

Abu Dhabi, Alger, Amman, Daka, Doha, Dubai, Khartoum, Kuwait, Kyiv, Maputo, Moskow, Muscat, Sanaa, Teheran

Sabtu, 5 April 2014

Antananarivo, Baghdad, Bangkok, Beograd, Berlin, Bern, Bogota, Bratislava, Brussel, Bucharest, Buinos Aires, Canberra, Caracas, Chicago, Colombo, Dakar. Darwin, Dacao City, Den Haag, Dili, Frankfurt, Hamburg, Helsinki, Houston, Jeddah, Kairo, Lima, London, Los Angeles, Manama, Melbourne, Mumbai, Nairobi, New York, Ottawa, Panama, Paramaribo, Praha, Rabat, Riyadh, San Fransisco, Sarajevo, Sofia, Songkhla, Stockholm, Suva, Sudney, Toronto, Tripoli. Vancouver, Viantiane, Warsawa, Washington DC, Wina, Windhock, Zagreb

6 April 2014

Abuja, Addis Ababa, Ankara, Astana, Athena, Baku, Beirut, BS Begawan, Budapest, Cape Town, Dar Es Salam, Guangzhou, Hanoi, Harare, Ho Chi Minh, Islamabad, Istambul, Karachi, Kota Kinabalu, Kuala Lumpur, Kuching, Lisabon, Madrid, Manila, Marseille, Mexico City, New Delhi, Noumea, Osaka, Penang, Perth, Pnom Penh, Port Moresby, Pretoria, Pyong Yang, Roma, Seoul. Singapura, Taiwan, Tawau, Tokyo, Tunis, Vatikan, Wellington, dan Yangoon

About
Global Indonesian Voices (GIV) is Indonesia’s first independent online media, established for ‘Connecting Indonesia to the World‘ by publishing independent news and stories written by and for Indonesians and Indonesia-philes all around the world.

Related Articles